fbpx

Cara Cepat Penggemukan Sapi Pedaging

Cara Cepat Penggemukan Sapi Pedaging

Para peternak sapi pedaging pasti ingin sapinya gemuk bukan? Ya tentu, karena jika sapi bertubuh gemuk maka dagingnya lebih banyak dan potensi keuntungannya pun juga lebih besar. Apalagi jika proses penggemukan sapi bisa dilakukan dalam waktu yang cepat, tentu akan membuat keuntungan semakin berlipat. Nah, jika anda para peternak ingin mewujudkan hal tersebut, mari simak tips dan cara cepat penggemukan sapi pedaging berikut ini

Manajemen kandang

Salah satu cara mempercepat penggemukan sapi pedaging adalah dengan memilih sistem penggemukan yang tepat. Yaitu anda bisa menggunakan sistem penggemukan dengan cara dikandangkan. Sistem ini memang sering dan paling umum digunakan di Indonesia karena dengan berada dalam kandang pergerakan sapi terbatas sehingga sapi tidak perlu bekerja ekstra dalam memperoleh pakannya. 

Meski demikian, pastikan memberikan ruang gerak yang proporsional untuk sapi. Jangan membiarkan sapi terlalu berdesak-desakkan. Untuk itu, baik jenis kandang individu ataupun kelompok buatlah kandang dengan ukuran sekitar 1.5 x 2.5 m, 1.5 x 2 m, atau 1 x 1.5 m per ekor tergantung besar tubuh sapi. Selain itu juga sediakan kandang isolasi sebagai tempat karantina apabila terdapat sapi yang sakit. 

Manajemen pemberian pakan

Pakan menjadi faktor paling penting yang menentukan keberhasilan penggemukan sapi pedaging. Setiap harinya berikan pakan hijauan dan konsentrat dengan perbandingan 40%:60%. Berikan pakan 2 x sehari, yaitu pada pagi dan sore. Berikan konsentrat terlebih dahulu sebelum pemberian hijauan serta jangan batasi ketersediaan air minumnya. Pastikan pula untuk melayukan hijauan terlebih dahulu sebelum memberikannya pada sapi. Agar penyerapan nutrisi dan pencapaian berat badan lebih maksimal, sapi juga harus diberikan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan serta daya tahan tubuhnya. 

Mencegah & mengobati penyakit

Langkah-langkah pencegahan terhadap penyakit juga dapat mempengaruhi cepat lambatnya penggemukan sapi pedaging. Apabila sapi terserang penyakit, tentu membuat produktivitasnya menurun. Anda dapat memulai melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit dengan cara menjaga kebersihan kandang serta kebersihan sapi itu sendiri. Bersihkan kandang dan memandikan sapi secara rutin. Usahakan lantai kandang selalu kering dan bersihkan kotoran serta sisa-sisa pakan yang ada untuk meminimalisir timbulnya sarang agen-agen penyakit seperti lalat, nyamuk, jamur, bakteri, dll. 

Jangan lupa juga untuk memberikan vaksin dan obat cacing secara rutin. Sedangkan apabila sapi menunjukkan gejala yang tidak biasa. Maka segera hubungi dokter atau petugas kesehatan hewan yang ada di desa/ kecamatan maupun kabupaten untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Itulah beberapa tips cara cepat penggemukan sapi pedaging yang sangat perlu anda pahami. Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan dan menginspirasi bagi para pembaca sekalian. Sebagai tambahan, apabila anda menginginkan pakan konsentrat yang efektif untuk mempercepat penggemukan maka konsentrat Nutrifeed adalah pilihan yang tepat. Untuk info lebih lanjut mengenai pakan konsentrat Nutrifeed, silahkan hubungi kami kontak yang tercantum pada website ini. 

Gambar oleh : BullBank

Artikel