fbpx

Trend Covid19 Tips memilih Sapi Bakalan

sapi bakalan Nutrifeed

trend covid19 sapi bakalan, Nutrifeed pakan ternak andalan


Sapi Bakalan

Sapi bakalan adalah jenis sapi yang akan digemukkan . Sapi ini biasanya berjenis kelamin jantan, berusia 15-20 bulan, dan memiliki bobot hidup sekitar 200-300 kg

Paling diminati di Era Pandemi Covid19, bakalan menjadi buronan peternak, apalagi di saat musim usai idul adha. Peternak mulai berburu bakalan yang bagus untuk di ternak dan dinilai cukup menguntungkan. Hal ini sedikit membawa angin segar bagi produsen pakan ternak seperti Nutrifeed untuk lebih giat dalam memasarkan produk konsentrat. Mengingat adanya perbaikan di formulasi pakan Nutrifeed untuk lebih palatable tanpa campuran apapun dalam sekali pemberian.

 

Jenis Sapi Bakalan

Jenis Sapi Import memiliki proses pertumbuhan lebih cepat,  dengan kemampuan metabolisme yang lebih baik dapat  mengkonsumsi konsentrat secara maksimal, menuju pertumbuhan bobot  per hari 1-1,5 kg/ekor.

Jenis sapi yang baik adalah jenis sapi campuran keturunan pertama (F1), yakni sapi hasil persilangan sapi lokal dengan sapi import (Santosa,2001;Trifena et.al.,2011).

 

Cara Pemilihan Bakalan

  1. Bibit sapi yang bagus punya ciri fisik tubuh yang bagus. Bentuk fisik bakalan sapi yang dipilih haruslah menggambarkan ciri sapi yang cepat gemuk seperti dibawah ini :
  2. Bentuk tubuh yang proporsional yaitu mempunyai rangka tubuh yang kokoh serta lebar
  3. Tinggi tubuh yang sama antara depan dan serta tubuhnya memanjang
  4. Dadayang lebar, dengan mempunyai dada yang lebar akan membuat pertumbuhan daging di daerah dada bisa maksimal.
  5. Mempunyai bulu yang kering dan pendek dengan mata yang bersinar dan responsive terhadap lingkungan sekitar
  6. Bibit sapi yang bagus biasanya mempunyai pantatyang lebar serta perut kecil. Karena bibit yang mempunyai perut besar menandakan bahwa bibit sapi terkena penyakit cacingan. Perut bibit sapi yang terlalu besar akan menghalangi pertumbuhan di bagian lain, kaarena daging biasanya hanya akan tumbuh di bagian perut saja.
  7. Mempunyai kaki yang kokoh dan tulang kaki yang besar. Kaki yang kokoh pada bibit sapi yang bagus akan menopeng berat badan sapi yang semakin besar.
  8. Bibit sapi mempunyai bentuk kaki yang normal serta lurus
  9. Bibit sapi yang bagus memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Pilihlah bibit sapi yang berukuran sedang karena bibit yang terlalu kurus dan gemuk pertanda bahwa keadaan sapi tidak terlalu baik untuk dikembangbiakkan

 

 

ArtikelBerita